Cara Membuat Peredam Suara Dari Rak Telur dan Kardus Bekas

Cara Membuat Peredam Suara Dari Rak Telur dan Kardus Bekas

Jika kamu mempunyai kamar atau ruangan yang terlalu berisik, seperti studio musik, pastinya suara dari dalam tidak ingin kedengeran sampai keluar, karena dapat mengganggu orang sekitar. Untuk itu kamu harus menggunakan peredam suara agar suara dari luar atau dalam tidak terlalu terdengar. Ini sangat berguna sekali untuk kamu yang hobi menyanyi, bermain musik, mendengarkan musik, menonton film, rekaman untuk konen youtube, dan podcast.

Ada banyak produk peredam suara yang kamu bisa beli di pasaran, dan bahan peredam suara pun juga bervariasi, seperti glasswool, material PET, green wool, keramik fiber, softboard, dan lainnya. Namun, sayangnya peredam suara tersebut memiliki harga yang cukup mahal, sedangkan ada cara yang bisa dilakukan agar mengeluarkan uang yang lebih sedikit dan praktis untuk digunakan, yaitu menggunakan rak telur bekas.

Cara Membuat Peredam Suara Dari Rak Telur Bekas

Cara membuat peredam suara dari rak telur bekas tidak seribet yang kamu bayangkan, selain bahannya yang mudah ditemukan karena berbahan dasar rak telur, proses pembuatannya pun relatif cepat dan praktis.

Sebelum kita masuk ke cara membuat peredam suara sederhana dari rak telur bekas, kamu harus membersihkan dinding ruangan terlebih daulu dari kotoran dan pastikan dinding tidak lembap, karena bahan rak telur bekas sangat rentan dengan air dan kelembapan, selain memeriksa dinding ruangan kamu juga harus memastikan atap ruangan tidak bocor saat hujan, agar ketika hujan tidak ada air yang merusak peredam suara dari rak telur bekas yang sudah dibuat.

Setelah memeriksa dinding dan atap ruangan, selanjutnya kamu bisa menempelkan karpet atau busa dengan rapi hingga menutupi semua dinding ruangan yang akan dipasang peredam suara. Nah, setelah semua persiapan di atas selesai dilakukan, langkah-langkah membuat peredam suara dari rak telur bekas selanjutnya adalah sebagai berikut.

1. Menyiapkan Rak Telur Bekas

Hal yang paling penting sebelum membuat peredam suara adalah menyiapkan rak telur bekas, kamu bisa mencarinya di pasar atau membeli secara online di Raktelur.com. Raktelur.com merupakan produsen rak telur ayam, rak telur bebek, dan rak telur puyuh dengan kualitas terbaik, Raktelur.com sudah menjual dan dipercaya oleh ratusan customer di seluruh Indonesia. Jika tidak ingin membelinya, kamu bisa juga mengumpulkan terlebih dahulu rak telur yang kamu dapatkan ketika membeli telur di pasar.

Untuk membuat peredam suara, rak telur bekas yang digunakan merupakan rak telur puyuh bekas. Jumlah rak telur bekas yang harus disiapkan sesuai dengan luas dinding yang ingin ditempel peredam suara tersebut.

2. Menyiapkan Pilox atau Cat

Selanjutnya kamu harus menyiapkan pilox atau cat sesuai dengan warna yang kamu inginkan. Kamu bisa menyiapkan 1 atau beberapa warna favorit untuk mempercantik peredam suara yang kamu buat dari rak telur. Saran saya gunakan 2 warna atau lebih agar peredam suara tersebut lebih estetik. Jumlah pilox atau cat harus disesuaikan sesuai dengan rak telur yang kamu siapkan.

3. Mewarnai Rak Telur

Setelah menyiapkan rak telur bekas dan pilox atau cat, selanjutnya kamu bisa mewarnai rak telur. Jika kamu menggunakan pilox kamu harus memakai masker agar tidak sesak napas, jika menggunakan cat minyak kamu bisa menggunakan kuas dan tempat cat untuk menaruh cat minyak yang digunakan.

4. Jemur Rak Telur

Rak telur bekas yang sudah diwarnai selanjutnya harus dijemur hingga kering, taruh rak telur bekas di tempat yang terkena sinar matahari dan tunggu hingga kering.

5. Menempelkan Rak Telur

Selanjutnya, setelah rak telur yang diwarnai kering, langkah selanjutnya kamu bisa menempelkannya di dinding ruangan. Agar rak telur bekas merekat di dinding, kamu bisa menggunakan lem tembak atau lem aibon yang mudah ditemukan di warung atau pasar.

Setelah lem aibon dan lem tembak selesai diratakan, tempelkan rak telur bekas dengan cara menekannya di dinding. Setelah ditempelkan tunggu hingga cat kering, dan kamu bisa menggunakan ruangan tersebut untuk studio musik, studio gaming, dan lainnya.

Baca Juga: Rekomendasi Pabrik Rak Telur Terbaik Di Indonesia

Cara Membuat Peredam Suara Dari Kardus Bekas

Selain menggunakan rak telur bekas, kamu juga bisa menggunakan peredam suara menggunakan kardus bekas. Berikut cara membuat peredam suara dari kardus bekas selengkapnya.

1. Siapkan Bahan-Bahan

Sebelum membuar peredam suara dari kardus bekas, kamu harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, bahan-bahan untuk membuatnya adalah seperti berikut.

  • Kardus
  • Koran
  • Kertas bekas
  • Lem
  • Gunting
  • Cutter
  • Penggaris

2. Potong Kardus

Selanjutnya, kamu bisa memotong kardus dengan rapih sesuai dengan ukuran dinding dari ruangan yang ingin digunakan.

3. Olesi Lem

Setelah kardus dipotong dengan ukuran yang rapi, olesi lem di kardus dengan rata, kamu bisa menggunakan lem aibon atau lem sagu.

4. Tempelkan Kardus Bekas, Koran, dan Kertas Bekas Di Dinding

Selanjutnya, tempelkan kardus bekas ke semua bagian dinding ruangan, dan tempelkan koran di atas kardus bekas yang sudah ditempelkan menggunakan lem sagu dengan 3 lapis, kamu harus menempelkan kardus bekas, koran, dan kertas bekas dengan rapi agar terlihat menarik. Setelah ditempelkan kamu sudah bisa menggunakan ruangan yang kedap suara.

Sebenarnya masih ada banyak cara membuat peredam suara dari bahan bekas lainnya selain rak telur bekas dan kardus bekas. Tingkat efektifitas pengurangan kebisingan pada ruangan bisa disesuaikan dengan bahan apapun, baik alami maupun buatan.

Sekian pembahasan mengenai cara membuat peredam suara dari rak telur dan kardus bekas yang bisa dijadikan referensi untuk membuat peredam suara dengan harga yang murah namun tetap efektif untuk mengurangi tingkat kebisingan di ruangan.

Cara Membuat Peredam Suara Dari Rak Telur dan Kardus Bekas, Jual Rak Telur, Harga Rak Telur

Raktelur.com memproduksi rak telur menggunakan mesin cetak otomatis dan penjemuran dengan quality control yang ketat, sehingga kualitas dan kekuatan dari rak telur terjaga dengan baik. Selain kualitasnya yang terbaik, harganya juga terjangkau dan stok selalu tersedia. Raktelur.com mempunyai beberapa tempat produksi yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, seperti Blitar, Jombang, Malang, dan Sidoarjo. Rak telur yang diproduksi oleh Raktelur.com mempunyai variasi ukuran dari berat 110 gram hingga 160 gram, tersedia rak telur ayam, rak telur bebek, dan rak telur puyuh.

Baca Juga: 9 Manfaat Rak Telur Bekas Yang Harus Kamu Tahu

Selain rak telur, Raktelur.com juga mempunyai produk lain, seperti Pulp Molded Custom, Nampan Kopi, dan Industrial Packaging.

Posting Komentar