9 Manfaat Rak Telur Bekas Yang Harus Kamu Tahu

Di Indonesia pencemaran lingkungan sudah tidak bisa dikendalikan lagi, ini karena perilaku masyarakat Indonesia yang cukup buruk dalam mengelola sampah. Padahal ada banyak sekali jenis sampah yang sebetulnya masih bisa di daur ulang kembali. Salah satu barang bekas yang bisa di daur ulang kembali adalah rak telur atau egg tray.

9 Manfaat Rak Telur Bekas Yang Harus Kamu Tahu

Jika kamu membeli telur dalam jumlah banyak, pastinya akan diberikan rak telur atau egg tray sebagai wadah penyimpanannya. Umumnya rak telur dibuat dari bahan karton atau kardus sehingga mudah untuk di daur ulang. Rak telur merupakan tempat penyimpanan telur yang lebih baik dibanding tempat penyimpanan telur di kulkas, selain agar tidak mudah pecah, rak telur juga dapat mengatasi penyebaran bakteri yang terdapat pada kulit telur.

Manfaat Rak Telur

  • Menjaga kesegaran telur. Telur yang disimpan dalam wadah egg tray dapat lebih segar dan tahan lama, karena wadah yang terbuat dari karton bisa menghilangkan kelembapan, menghilangkan karbon dioksida, dan menjaga sirkulasi udara.
  • Menjaga telur agar tidak mudah busuk: Telur yang hanya dimasukkan ke kulkas akan mudah terkontaminasi dengan suhu ruangan, sehingga kamu bisa mengakalinya dengan memasukkan telur beserta egg traynya ke dalam kulkas.
  • Mengatur posisi telur: Telur yang dimasukkan ke dalam egg tray pastinya dalam posisi yang benar, karena egg tray mempunyai cetakan sesuai dengan ukuran telur. Ini sangat berguna saat telur sedang dibawa, sehingga telur tidak mudah terbentuk dan pecah. 

Ketika kamu sudah kehabisan stok telur, rak telur atau egg tray yang sebelumnya digunakan jangan dibuang ke tempat sampah dulu, karena rak telur masih bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam fungsi sebelum di buang ke tempat sampah.

Baca Juga: Rekomendasi Pabrik Rak Telur Terbaik Di Indonesia

Manfaat Rak Telur Bekas

Manfaat rak telur bekas

Ada banyak benda atau kerajinan yang bisa kamu hasilkan dari rak telur bekas loh. Berikut ini 9 manfaat rak telur bekas yang sudah kami rangkum dari beberapa sumber.

1. Sebagai Media Tanam

Untuk kamu yang senang bercocok tanam di rumah, maka kamu bisa memanfaatkan rak telur bekas sebagai media tanamnya. Rak telur atau egg tray sangat cocok digunakan sebagai media tanam awal, kamu dapat memotong bagian atasnya dan melubangi bagian bawahnya menjadi beberapa titik, selanjutnya kamu bisa menambahkan media tanam sekaligus dengan bibitnya. Untuk merawatnya kamu bisa menyiramnya secara rutin hingga benih muncul. Jika tanaman kamu dinilai sudah cukup besar, kamu bisa memindahkannya ke media tanam yang lebih besar.

2. Tempat Menyimpan Peralatan

Selain dapat dimanfaatkan sebagai media tanam, egg tray atau rak telur juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai macam peralatan. Bentuk egg tray yang mempunyai lubang-lubang bisa kamu isi dengan peralatan yang muat di dalamnya. Jenis peralatan yang bisa disimpan di dalam rak telur ini pastinya harus berbentuk kecil, seperti isi stapler, klip kertas, jarum, pinset, dan lainnya.

Ini sangat berguna agar barang-barang tersebut mudah dicari dan tidak mudah hilang, selain itu ruangan juga lebih rapih tanpa adanya barang-barang kecil yang berantakan.

3. Tempat Cat Warna

Untuk kamu yang senang melukis, atau mempunyai anak kecil yang senang melukis di rumah, maka kamu bisa memanfaatkan rak telur bekas menjadi tempat untuk menaruh cat warna. Bentuk lubang-lubang pada rak telur besar bisa digunakan untuk menyimpan cat warna lebih banyak, selain itu juga bisa menampung banyak warna sekaligus. Dengan menggunakan rak telur bekas, kamu tidak perlu takut cat warna tumpah.

4. Peredam Suara

Ternyata karton yang berasal dari rak telur bekas juga bisa digunakan sebagai peredam suara loh. Ini sangat bermanfaat jika kamu mempunyai studio band atau mini theater di rumah, untuk menghemat biaya yang dikeluarkan kamu tidak perlu menggunakan peredam suara yang mahal, cukup memanfaatkan rak telur bekas.

Jika kamu tertarik untuk menggunakan rak telur sebagai peredam suara, kamu harus mengumpulkannya sebanyak mungkin terlebih dahulu, jumlah rak telur yang dibutuhkan pastinya harus disesuaikan dengan luas ruangan yang kamu punya. Ketika rak telur sudah terkumpul dan dirasa sudah cukup, kamu tinggal menempelnya di sekeliling dinding ruangan.

Baca Juga: Cara Membuat Peredam Suara Dari Rak Telur dan Kardus Bekas

5. Tempat Lampu

Rak telur bekas juga bisa digunakan sebagai tempat lampu. Bagi kamu yang ingin mendesain kamar agar menjadi lebih estetik, kamu juga bisa menggunakan rak telur sebagai tempat lampu, kamu bisa mendesain sendiri tempat lampu tersebut, karena rak telur bekas mempunyai bentuk yang unik serta bisa didesain ulang sesuai dengan keinginan.

Selain mengurangi limbah, kamu juga dapat menghemat uang dibanding membeli tempat lampu estetik yang harganya cukup mahal.

6. Tempat Alat Tulis

Bentuk rak telur yang mempunyai tutup, bisa kamu jadikan sebagai tempat alat tulis yang mudah dibawa kemana-mana. Sebelum digunakan sebagai alat tulis, kamu bisa merapihkan rak telur bekas terlebih dahulu dengan cara di cat dengan warna kesukaan, sehingga terkesan lebih rapih dan menarik.

7. Hiasan Dinding

Manfaat lain dari rak telur bekas adalah sebagai hiasan dinding. Bagian rak telur yang digunakan sebagai hiasan dinding harus bagian penutup, karena mempunyai bagian yang lebih rata. Hiasan dinding dari rak telur bisa kamu tempel juga dengan foto-foto atau hiasan lainnya. Sebelum dijadikan hiasan dinding, kamu harus mengecatnya terlebih dahulu agar lebih menarik untuk dipandang.

8. Penyimpanan Botol Di Kulkas

Jika stok telur kamu sudah habis, kamu bisa memanfaatkan rak telur bekas menjadi penyimpanan botol. Botol-botol kecil yang kamu simpan di dalam kulkas akan lebih rapih dan tidak mudah jatuh jika menggunakan rak telur sebagai alat penyimpanannya.

9. Kerajinan Tangan

Egg tray atau rak telur bekas bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis kerajinan tangan, ada banyak jenis kerajinan yang bisa kamu buat dari rak telur bekas, seperti hiasan dinding, bunga, dan lainnya. Rak telur bekas sangat mudah dibuat untuk kerajinan tangan karena mempunyai bentuk yang unik, dan juga sangat mudah untuk dihias.

Selain itu, keunggulan lainnya yang dimiliki oleh rak telur atau egg tray adalah mudah ditemukan, ini sangat berguna jika ada tugas sekolah membuat kerajinan tangan yang mendadak, harganya pun tidak begitu mahal.

Itu dia daftar manfaat rak telur bekas yang bisa kamu manfaatkan terlebih dahulu sebelum membuang ke tempat sampah.

Rak telur bekas merupakan tempat penyimpanan telur terbaik dibanding menyimpannya di dalam kulkas. Jika kamu mempunyai usaha jual beli telur, baik itu telur ayam, telur bebek, dan telur puyuh kamu bisa menggunakan rak telur bekas yang diproduksi oleh Raktelur.com.

Pabrik rak telur

Raktelur.com memproduksi rak telur atau egg tray dengan bahan karton atau kertas bekas yang dibuat dengan standar kualitas tinggi dan selalu menjaga kualitas produk.

Posting Komentar