Cara Membuat Rak Telur Dari Kardus Bekas

Cara Membuat Rak Telur Dari Kardus Bekas

Ada banyak sekali jenis sampah yang mencemari lingkungan di sekitar kita, salah satunya adalah kardus bekas. Selama ini kardus-kardus yang dimiliki masyarakat kerap dibuang atau dibakar karena dianggap tidak memiliki nilai manfaat dan nilai ekonomis, akibatnya lingkungan menjadi tercemar akibat kegiatan pembakaran dan penumpukan kardus tersebut. Untuk menyelesaikan masalah tersebut kita harus melakukan daur ulang.

Daur ulang merupakan sebuah proses mengubah bahan bekas yang sudah dibuang atau tidak digunakan menjadi barang yang dapat digunakan kembali dengan tujuan tertentu untuk mencegah terjadinya penumpukan sampah atau limbah, selain itu aktivitas daur ulang juga dapat mengurangi penggunaan energi, penggunaan bahan baku baru, mengurangi kerusakan lahan, sampai mengurangi polusi.

Dilatarbelakangi dari persoalan akan banyaknya limbah kardus yang mencemari lingkungan, tercetus lah sebuah gagasan besar untuk mengurangi limbah kardus dengan membuat sebuah industri pengolehan kardus bekas menjadi rak telur.

Baca Juga: Cara Membuat Peredam Suara Dari Rak Telur dan Kardus Bekas

Selain untuk membantu penyelesaian masalah lingkungan tersebut, pendirian industri rak telur dilatarbelakangi dengan masih adanya warga yang pengangguran dan kurang mampu dari segi ekonomi, kami konsisten membeli limbah kardus yang dikumpulkan dan dijual oleh masyarakat, sehingga membantu masyarakat memperoleh pendapatan tambahan.

Bisnis Rak Telur Yang Menjanjikan

Sebelum Anda mengetahui cara membuat rak telur dari kardus bekas, Anda juga harus mengetahui prospek dari usaha rak telur ini, bisnis rak telur merupakan bisnis yang cukup menjanjikan karena terdapat target pasar yang jelas dan bahannya pun terbuat dari limbah atau barang bekas, sehingga modal yang dikeluarkan relatif lebih terjangkau.

Karena harga bahan baku pembuatan rak telur cukup terjangkau membuat pelaku usaha rak telur dapat mengambil keuntungan yang cukup besar, ditambah lagi adanya persoalan meningkatnya peternakan ayam petelur sehingga berpengaruh pada tingginya permintaan rak telur.

Raktelur.com produsen rak telur terbaik di Indonesia

Raktelur.com merupakan produsen rak telur terbaik yang sudah dipercaya oleh banyak customer yang tersebar di seluruh Indonesia, kami selalu berusaha menjaga kualitas dari bahan baku dan menjaga quality control agar menghasilkan produk yang berkualitas, Raktelur.com menyediakan berbagai macam ukuran rak telur yang bisa digunakan untuk menyimpan telur ayam, telur bebek, hingga telur puyuh. Kami mempunyai harga yang kompetitif serta menawarkan harga dan promo yang menarik, jumlah pembelian sangat mempengaruhi harga jual yang akan Anda dapatkan.

Cara Membuat Rak Telur Dari Kardus Bekas

Siapa saja bisa membuat rak telur dari kardus bekas dan ikut memasarkannya, baik usaha rumahan sampai pabrik besar, karena proses pembuatannya pun cukup mudah dan bahan bakunya mudah untuk ditemukan. Sebelum Anda memulai usaha pembuatan rak telur, Anda harus mengetahui cara membuat rak telur dari kardus bekas, berikut penjelasan lebih lanjutnya.

1. Kumpulkan Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Proses pertama dalam membuat rak telur dari kardus bekas adalah mengumpulkan bahan baku yang diperlukan, bahan utama yang harus disediakan adalah kardus bekas, bahan duplek, dan mesin press. Bahan baku berupa kardus bekas yang harus disediakan harus sesuai dengan skala produksi yang akan Anda lakukan.

2. Hancurkan Kardus Bekas, Duplek, dan Kertas Bekas

Setelah mengumpulan kardus bekas, Anda harus menghancurkannya terlebih dahulu dengan cara memotong-motongnya hingga menjadi kecil atau jika Anda mempunyai mesin giling dan mixer maka masukkan kardus tersebut ke dalam mesin, setelah itu kardus bekas yang sudah dihancurkan dicampur dengan bahan duplex, campuran bahan duplex tersebut membuat kardus bekas menjadi lebih keras dan kuat.

3. Campurkan dengan Air Hingga Menjadi Bubur Kertas

Selanjutnya, kardus bekas yang sudah hancur harus dileburkan dengan cara menambahkan air secukupnya dan harus diaduk kembali, agar proses lebih cepat usahakan menggunakan mesin giling atau mixer.

4. Masukkan Bubur Kertas kedalam Cetakan Rak Telur

Setelah kardus bekas dihancurkan dan dileburkan, selanjutnya kita masuk ke proses pencetakan. Anda bisa menggunakan cetakan rak telur yang banyak dijual di toko online maupun di pasar.

Jika ingin menggunakan mesin cetak rak telur yang banyak digunakan oleh pabrik-pabrik rak telur di Indonesia, Anda bisa mengunjungi website https://mesinraktelur.com

5. Keringkan dengan Cara Dijemur dibawah Matahari Langsung

Setelah semua proses membuat rak telur dari kardus bekas sudah dilakukan, langkah terakhir adalah melakukan penjemuran. Proses penjemuran ini usahakan dilakukan di tempat yang luas dan mendapatkan cahaya matahari yang cukup, proses penjemuran ini memakan waktu kurang lebih 8 jam, cepat atau lama proses penjemuran sangat bergantung kepada cuaca pada hari itu.

Nah, ternyata sesuatu yang kita anggap sampah dan tidak memiliki nilai ekonomis, ternyata ketika sudah diberikan sebuah inovasi maka akan bernilai ekonomis dan mempunyai nilai jual yang cukup tinggi, prosesnya pun cukup mudah dan bahan bakunya mempunyai harga yang terjangkau serta mudah ditemukan. Inovasi ini sangat tepat dijadikan sebuah usaha yang bernilai ekonomis tinggi, namun harus diiringi dengan modal yang cukup besar.

Demikian pembahasan cara membuat rak telur dari kardus bekas untuk pemula, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

6. Selesai

Proses pembuatan rak telur dari kardus bekas telah selesai, rak telur yang dihasilkan sudah bisa digunakan untuk menyimpan telur ayam, telur bebek, atau telur puyuh. Tergantung cetakan yang digunakan.

Baca Juga: 9 Manfaat Rak Telur Bekas Yang Harus Kamu Tahu

Rak telur,Rak telur dari kardus bekas,Cara membuat rak telur,


Posting Komentar