Fungsi Rak Telur Selain Untuk Menyimpan Telur

Fungsi Rak Telur Selain Untuk Menyimpan Telur

Telur merupakan makanan yang bisa diolah dengan berbagai macam cara, dari mulai digoreng, dipanggang, direbus, dan lainnya. Umumnya, saat kita membeli telur di supermarket pastinya akan diberikan rak telur yang biasanya terbuat dari bahan kardus. Sayangnya, banyak orang yang langsung membuang tempat telur tersebut dan menyimpan telur di rak telur yang ada di dalam kulkas. Padahal, menyimpan telur dengan menggunakan rak telur yang terbuat dari kardus mempunyai banyak manfaat, selain itu juga banyak fungsi rak telur selain untuk menyimpan telur.

Manfaat Menyimpan Telur Menggunakan Rak Telur

Nah, sebelum kita masuk ke dalam pembahasan fungsi rak telur selain untuk menyimpan telur, Anda harus mengetahui manfaat menyimpan telur menggunakan rak telur. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Menjaga Telur Dari Benturan

Rak telur atau egg tray mempunyai karakter yang kokoh dan tebal yang cukup untuk melindungi telur agar tidak mudah pecah. Berbeda dengan menyimpannya di rak telur kulkas, pastinya lebih rentan saat Anda membuka dan tutup pintu kulkas.

2. Menjaga Kesegaran Telur

Rak telur juga dapat menjaga kesegaran telur agar lebih tahan lama, karena rak telur yang terbuat dari karton mempunyai sirukulasi udara yang baik, sehingga dapat menghilangkan karbon dioksida dan bisa menjaga kelembapan telur. Rak telur yang terbuat dari karton juga mampu menyerap bau dari makanan lain yang ada di sekitarnya, sehingga telur tidak terlalu terkontaminasi dengan bau dan rasa dari makanan lain. Namun, sebaiknya Anda menyimpan rak telur sedikit lebih jauh dari makanan yang mempunyai bau dan rasa yang menyengat, karena cangkang telur mempunyai pori-pori yang bisa menyerap bau dan rasa dari makanan di sekitar.

3. Menjaga Posisi Telur

Posisi menyimpan telur ternyata mempengaruhi kualitasnya juga loh. Rak telur sudah dicetak untuk menyimpan telur dengan posisi terbaik, karena posisi telur yang baik adalah bagian runcing telur di bagian bawah dan bagian tumpul telur di bagian atas. Karena telur mempunyai kantung udara di bagian tumpulnya, sehingga jika diposisikan dengan benar, kantung udara tersebut tidak tertekan oleh kuning telur.

Fungsi Rak Telur Selain Untuk Menyimpan Telur

Jika Anda biasanya langsung membuang rak telur ketika selesai digunakan, maka sebaiknya cara itu dihentikan, karena masih banyak fungsi lain dari rak telur selain untuk menyimpan telur. Ini juga sebagai salah satu cara untuk mengurangi sampah atau limbah agar lingkungan sekitar lebih terjaga.

Selain untuk menjaga kebersihan lingkungan, manfaat yang bisa didapat adalah Anda bisa menghemat pengeluaran karena rak telur ini bisa disulap menjadi berbagai barang yang mempunyai nilai manfaat. Apa saja fungsi dari rak telur selain untuk menyimpan telur? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Peredam Suara

Jika Anda hobi bermain musik dan ingin membuat studio sendiri di dalam rumah, maka Anda bisa membuat peredam suara dari rak telur bekas. Dengan menggunakan rak telur bekas, Anda bisa menghemat biaya, karena harga peredam suara cukup mahal. Kualitas rak telur sebagai peredam suara juga tidak boleh diragukan, karena tidak kalah kualitasnya dengan peredam suara yang mahal.

Cara membuat peredam suara dari rak telur bekas pun cukup mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Anda hanya perlu menyiapkan rak telur bekas, pilox atau cat, dan lem saja. Cara membuatnya Anda tinggal mewarnai rak telur bekas dengan pilox atau cat agar lebih estetik, lalu menjemur rak telur tersebut, dan setelah cat atau pilox sudah kering tinggal ditempelkan saja ke dinding.

2. Tempat Menyimpan Peralatan

Jika Anda mempunyai peralatan-peralatan kecil seperti paku, isi stapler, klip kertas, manik-manik, anting, atau benda kecil lainnya maka Anda bisa menaruhnya di rak telur bekas agar tidak berantakan. Anda bisa memanfaatkan sekat-sekat diantara cetakan telur untuk menaruh benda-benda atau peralatan-peralatan kecil tersebut agar tidak tercampur satu sama lainnya.

Selain bisa membuat ruangan lebih rapih, menggunakan rak telur untuk menyimpan peralatan bisa menghemat biaya untuk membeli laci kecil.

3. Pot

Rak telur bekas juga bisa digunakan sebagai pot untuk menanam benih kecambah. Tentu ini bisa bermanfaat untuk Anda yang senang berkebun di dalam rumah, Anda bisa menghemat biaya untuk membeli pot yang harganya lebih mahal dibanding rak telur bekas ini.

4. Tempat Bertenak Cacing

Untuk Anda yang mempunyai hobi memancing, Anda bisa memanfaatkan rak telur bekas ini untuk berternak cacing dibanding langsung membuangnya.

5. Tempat Menyimpan Bohlam

Bohlam merupakan benda yang mudah pecah, untuk itu Anda harus menaruhnya di tempat yang aman. Salah satu tempat yang bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan bohlam adalah rak telur bekas. Rak telur bekas cocok digunakan untuk menyimpan bohlam karena mempunyai ukuran yang pas untuk menyimpan bohlam. Dibanding Anda menaruhnya di gudang yang rentan dengan benturan, lebih baik menggunakan rak telur bekas ini.

6. Papan Tempel

Rak telur mempunyai 2 bagian, yang satu yang mempunyai cetakan ukuran telur dan satu lagi sebagai penutupnya. Nah, bagian penutup tersebut lah yang bisa digunakan untuk papan tempel karena mempunyai bagian yang lebih rata dibanding bagian yang satu lagi. Untuk membuat papan tempel dari rak telur bekas, Anda bisa menggabungkan beberapa bagian penutup rak telur yang disatukan dengan lem atau dijahit dengan benang, lalu diberikan gantungan dengan benang juga.

Anda bisa memasangnya di ruangan yang diinginkan. Papan tempel dari rak telur tersebut bisa Anda gunakan sebagai hiasan dinding untuk menempel foto, lukisan, atau hasil karya Anda.

7. Pengaman Barang Elektronik

Fungsi lain rak telur selain menyimpan telur selanjutnya adalah sebagai pengaman barang elektronik. Jika Anda ingin memindahkan barang elektronik yang cukup besar seperti kulkas atau televisi, jika busa pelindung dari barang-barang tersebut sudah hilang, Anda bisa menggunakan rak telur bekas sebagai pengganti dari busa pelindung tersebut.

Demikian pembahasan mengenai fungsi rak telur selain untuk menyimpan telur, ternyata rak telur bisa dimodifikasi menjadi barang-barang yang lebih berguna dibanding langsung dibuang. Dengan mendaur ulang rak telur Anda sudah berpartisipasi untuk menjaga kebersihan lingkungan, seperti RakTelur.com yang menjual rak telur dan produk lainnya yang berbahan dasar dari limbah kardus dan kertas bekas. Produk lain yang diproduksi oleh RakTelur.com adalah pulp model custom, nampan kopi, dan industrial packaging.

RakTelur.com selalu berkomitmen memproduksi barang-barang yang berkualitas dengan harga yang kompetitif. Kami sudah lama dipercaya oleh ratusan customer yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pabrik produksi kami juga tersebar di beberapa kota di Indonesia, yaitu Malang, Jombang, Sidoarjo, dan Blitar. Jika Anda membutuhkan rak telur atau produk lain yang kami produksi silahkan mengunjungi halaman Hubungi Kami.

Posting Komentar