Tips Memulai Usaha Rak Telur Untuk Pemula

Tips Memulai Usaha Rak Telur

Telur merupakan salah satu bahan makanan favorit yang sering diolah menjadi berbagai macam masakan, yang paling sering ditemui adalah telur digunakan sebagai bahan pelengkap mie instan. Selain itu telur juga mempunyai berbagai macam manfaat karena kandungan gizi yang ada di dalamnya. Proses mengolah telur juga sangat cepat karena itulah telur mempunyai banyak peminat.

Maka, tidak heran jika permintaan telur selalu banyak, bahkan cenderung meningkat setiap tahunnya. Karena tingginya konsumsi telur di Indonesia, maka semakin banyak produsen atau peternak ayam petelur di Indonesia, menurut data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) lebih dari 1,64 juta ton berhasil di produksi pada tahun 2018 sedangkan tingkat konsumsi telur di Indonesia mencapai 1,52 juta ton di tahun 2018.

Selain menguntungkan bagi para peternak unggas dan pedagang telur, hal tersebut juga berdampak positif bagi para produsen atau pabrik egg tray. Egg tray atau rak telur merupakan baki telur yang digunakan untuk melindungi telur dari benturan saat proses distribusi, selain itu egg tray atau rak telur juga berfungsi untuk menyimpan telur dengan baik, karena egg tray dapat membantu melancarkan sirkulasi udara, menghilangkan karbon dioksida serta menajga kelembapan pada telur, sehingga telur dapat bertahan lebih lama dan melindungi telur dari serangan berbagai bakteri penyakit.

Keunggulan Usaha Rak Telur

Usaha atau bisnis rak telur ini mempunyai banyak keunggulan selain dari sisi keuntungan atau profit yang bisa didapatkan. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

1. Bahannya Yang Murah

Rak telur atau egg tray bisa dibuat dari bahan plastik dan karton. Sebelum menjalankan usaha rak telur, Anda harus menyiapkan bahan baku, yang paling banyak digunakan adalah karton. Karena karton mempunyai harga yang murah dan sekaligus mencegah pencemaran lingkungan.

Atau jika Anda ingin memproduksi rak telur agar tahan lama maka bisa menggunakan plastik, namun harga plastik tentu saja lebih mahal dibanding karton bekas.

2. Bahannya Yang Mudah Didapat

Karton merupakan bahan yang mudah dicari karena banyak sekali pengepul karton bekas yang mungkin juga ada di sekitar Anda. Saya lebih menyarankan bahan karton karena karton lebih ringan, praktis, dan lebih fleksibel mengikuti bentuk dari telur.

3. Tingginya Permintaan

Permintaan rak telur pastinya semakin meningkat dari tahun ke tahunnya mengikuti perkembangan dari peternak unggas yang juga semakin meningkat. Bisnis rak telur ini pastinya tidak pernah mati, karena hampir semua orang di Indonesia membutuhkan rak telur.

Tips Memulai Usaha Rak Telur

Dengan melihat dari kebutuhan tersebut, Anda dapat menangkap peluang besar untuk mendapatkan banyak keuntungan dalam berbisnis asalkan Anda melakukan tips memulai usaha rak telur dengan benar. Nah, berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

1. Memperbanyak Informasi Seputar Rak Telur

Semua bisnis pastinya harus dipelajari terlebih dahulu, sama seperti dengan bisnis rak telur, Anda harus mempelajari dan memperbanyak informasi seputar rak telur terlebih dahulu sebelum terjun langsung, karena dapat dikatakan bisnis rak telur ini susah-susah gampang, Anda harus paham akan risikonya, karena walaupun mempunyai peluang keuntungan yang besar juga ada risiko yang harus diambil. Akan menjadi kesalahan fatal jika Anda tidak mengetahui informasi seputar rak telur.

2. Merancang Strategi Dengan Matang

Setelah mengetahui berbagai macam informasi seputar usaha rak telur, selanjutnya Anda bisa mulai merancang strategi, Anda bisa mulai menentukan modal, menentukan bahan, menyiapkan model rak telur yang akan diproduksi, hingga strategi pemasaran yang matang agar bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Dengan semua strategi bisnis yang telah Anda buat pastinya bisnis rak telur Anda bisa berjalan dengan baik dan jelas kedepannya.

3. Memulai Dalam Skala Kecil

Semua usaha atau bisnis yang besar pastinya dimulai dari kecil, setiap 1000 langkah diawali dari 1 langkah. Dengan prinsip tersebut, maka Anda bisa memulai usaha rak telur dalam skala kecil terlebih dahulu sebagai bahan belajar Anda sebelum menjadi besar di kemudian hari.

Langkah ini juga langkah yang tepat jika Anda masih ragu dalam menjalankan usaha rak telur ini. Selain itu, hal ini juga bisa meringankan Anda karena modal yang dikeluarkan juga lebih terjangkau.

4. Menentukan Lokasi Produksi

Sebenarnya lokasi produksi rak telur bisa dilakukan dimana saja, jika Anda belum mempunyai tempat khusus untuk memproduksi rak telur, maka Anda bisa memulainya di rumah atau garasi terlebih dahulu, jika usaha rak telur Anda sudah berkembang baru Anda menggunakan rumah atau pabrik khusus. Hal yang terpenting dari lokasi produksi adalah adanya lapangan yang luas untuk menjemur rak telur.

Hal Yang Mempengaruhi Kesuksesan Usaha Rak Telur

Setelah Anda mengetahui keunggulan dan tips memulai usaha rak telur, maka Anda juga harus tahu hal yang mempengaruhi kesuksesan usaha rak telur, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Strategi Pemasaran Rak Telur Yang Tepat

Tidak sedikit pengusaha rak telur yang sukses karena menerapkan strategi pemasaran yang tepat, Anda bisa memanfaatkan berbagai jalur pemasaran dari mulai offline hingga online. Tidak bisa kita pungkiri bahwa kemajuan teknologi saat ini terus meningkat, sehingga kita sebagai pengusaha harus beradaptasi, Anda bisa mulai belajar pemasaran online seperti melalui media sosial, ada banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan rak telur, seperti beriklan di Facebook, Instagram, hingga Google.

Saat ini pemasaran online merupakan langkah jitu untuk mengembangkan bisnis, banyaknya orang yang menggunakan media sosial membuat peluang bisnis menjadi terbuka lebih lebar, Anda bisa lebih dekat dengan calon konsumen dengan adanya media sosial. Untuk itu, Anda harus membuat website dan media sosial yang menarik agar mendapatkan banyak pembeli dari sana.

2. Menentukan Harga Yang Terjangkau

Dalam menjalankan usaha kita juga harus mempunyai pandangan dari segi konsumen, pastinya menginginkan harga yang murah namun kualitasnya tetap bagus. Nah, sebenarnya dalam usaha rak telur ini Anda bisa mendapatkan omzet dan margin yang tinggi, namun hal yang harus diperhitungkan adalah modal yang Anda keluarkan.

3. Layanan Konsumen Yang Baik

Anda juga harus mempunyai layanan konsumen yang baik, seperti costumer service yang siap dihubungi untuk membalas pertanyaan dan pesanan yang diinginkan oleh konsumen. Selain itu costumer service yang dimiliki juga harus ramah terhadap konsumen, karena menjalin hubungan baik dengan konsumen akan berdampak positif terhadap bisnis Anda.

Itu dia tips memulai usaha rak telur yang bisa Anda terapkan, pada dasarnya semua bisnis atau usaha mempunyai risiko, untuk itu sebagai pengusaha Anda harus mengetahui seberapa besar keuntungan yang bisa didapat, apakah sebanding dengan risikonya atau malah lebih besar risiko dibanding potensi keuntungannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis rak telur.

Posting Komentar