Ukuran Rak Telur Ayam

Ukuran Rak Telur Ayam

Telur ayam memiliki ukuran berbeda satu sama lain. Baik dari aspek rasio panjang dan lebar, maupun dari aspek bobot telur tersebut. Pemilik peternakan ayam harus mampu melacak ukuran telur tersebut dengan benar agar peternakan yang dimilikinya dapat berjalan dengan baik dan manfaat yang dirasakan dalam jangka waktu panjang.

Pemilik peternakan yang manajemen usahanya tepat, pastinya akan menyediakan rak ukuran telur. Rak telur akan berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk memisahkan ukuran telur sesuai dengan kategori. Pemilik peternakan ada dalam rentang ukuran telur yang disarankan saat mereka membeli atau menjual bagian telur mereka.

Klasifikasi telur ayam dapat diklasifikasikan dalam beberapa kategori ukuran, diantaranya adalah kategori telur kecil, telur sedang, dan telur besar. Ukuran untuk masing-masing kategori ini biasanya adalah sebagai berikut : Telur kecil berkisar antara 40-45 gram, telur sedang berada diantara 50-60 gram, sedangkan telur besar memiliki ukuran sekitar 65-70 gram.

Rak telur yang ketersedia di pasaran memiliki bentuk yang beragam dan dapat disesuaikan dengan ukuran telur saat dibeli. Kebanyakan rak memiliki 6 gantungan atau 6 slot yang berbeda untuk menempatkan telur. Gantungan ini berfungsi untuk melacak ukuran telur dalam berbagai kategori. Pemilik peternakan juga dapat menggunakan rak telur untuk mengelompokkan telur berdasarkan kualifikasinya, seperti telur yang tercetak atau bertanda.

Pemilik peternakan harus membeli rak telur yang memiliki kemampuan untuk memilah dan mengelompokkan telur sesuai dengan ukurannya agar dapat menghemat waktu ketika menjual telurnya. Dengan adanya rak telur, peternakan bisa lebih mudah dalam mengontrol produksi ayamnya. Selain itu, rak telur juga akan memungkinkan pemilik peternakan untuk menghasilkan dan memasarkan telur dengan harga yang tepat.

Untuk dapat memberikan manfaat bagi peternakan ayam, maka rak telur sebaiknya dipilih dengan benar dan tepat. Hal ini penting untuk memastikan bahwa peternakan akan mendapatkan hasil yang optimal dari semua telurnya.

Posting Komentar